PUNGUTAN DI WISATA PANTAI TELUK AWUR BERDASARKAN PERDES

TELUK  AWUR –  Pantai Teluk Awur merupakan salah satu destinasi Wisata Bahari di Kabupaten Jepara yang cukup terkenal karna keindahan pantainya, selain itu pantai Teluk Awur termasuk Wisata murah meriah dikarenakan tidak dipungut biaya masuk. akan tetapi terkecuali pada setiap ada event Tahun Baru/Syawalan dua kali dalm satu tahun Pengunjung wisata Pantai Teluk Awur dikenakan tarif masuk Rp. 7.500,- /orang berdasarkan Peraturan Desa No 5 Tahun 2015.

Terkait dengan hal tersebut Pemerintah Desa Teluk Awur Kec. Tahunan Kab. Jepara sudah Membuat Peratuaran Desa Teluk Awur Nomor 5 Tahun 2015 tentang Pungutan di tampat wisata Desa dalam kegiatan Lomban Syawalan dan Tahun Baru. dan untuk menyempurnakan Peraturan tersebut pada Tahun ini Pemerintah Desa Teluk Awur telah menyempurnakan/Mengganti Peraturan tersebut dengan Peraturan Desa Teluk Awur Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pungutan Desa di Tempat Wisata Desa Pantai Teluk Awur yang telah di undangkan pada tanggal 15 Nopember 2017.

Pungutan Desa merupakan salah satu Sumber Pendapatan asli Desa yang digunakan untuk membiayai Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Desa, bahwa berdasarkan ketentuan pasal 10 ayat (2) Peraturan Daerah Kabupaten Jepara Nomor 9 Tahun 2015 tentang suber pendapatan Desa Pungutan Desa di tetapkan dengan Peraturan Desa.

Obyek Pungutan yang tertuang dalam Perdes no 7 Tahun 2017 diantaranya  adalah Tempat/Kegiatan Usaha berupa tempat parkir, warung, pedagang keliling, penyewa ban, pelampung dan penambang perahu yang ada di sekitar tempat wisata desa pantai Teluk Awur yang di kelola oleh Pemerintah Desa.

Subyek Pungutan Pungutan Desa adalah orang pribadi atau badan yang menggunakan atau menikmati fasilitas ditempat wisata desa.

sedangkan jenis pungutan desa meliputu :

  1. Lomban Syawalan
  2. Tahun Baru
  3. Hari-hari yang di tentukan, Hari libur Nasional dan Hari libur keagamaan.

Berikut  besaran Tarif Pungutan desa di tempat Wisata Desa Pantai Teluk Awur

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan